PONDOK PESANTREN AL-RISALAH BATETANGNGA TERAKREDITASI “A”
Selasa, 03-12-2019 Berita alirusdi Dibaca : 627 Kali | Kembali

PONDOK PESANTREN AL-RISALAH BATETANGNGA TERAKREDITASI “A” Akreditasi adalah sebuah kegiatan pengakuan dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS)/ Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN-S/M) yang kemudian hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan. Akreditasi dilakukan karena ada beberapa tujuan dan manfaat. Selain itu juga mempunyai hasil yang berupa sertifikat peringkat terakreditasi yang bisa diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu: A, B, dan C yang masing-masing mempunyai nilai Amat Baik (86-100), Baik (71-85), dan Cukup (56-70).

Akreditasi ini dinilai penting karena merupakan bentuk dari rekognisi pendampingan terhadap pondok pesantren beserta alumninya dan utamanya bagi pesantren salafiyah. Dengan begitu para pemegang ijazah pendidikan kesetaraan ini mendapatkan pengakuan secara formal maupun nonformal menyesuaikan dengan jenjang yang diikutinya yaitu tingkat ula=SD/MI sederajat, wustha = SLTP/MTs/sederajat, Ulya = SLTA/MadrasahAliyah/Sederajat dan juga tidak meninggalkan ciri khas kepondokan baik dalam kekhasan pembelajaran maupun perilaku. Dan juga sebagai penjamin mutu dan kualitas pondok pesantren sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan salafiyyah di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Harapan Direktur Ditpdpontren Kedepan dalam hal akreditasi Pendidikan salafiyyah pada Pondok Pesantren Direktur PD Pontren berharap nantinya proses akreditasi lembaga pondok pesantren ini merambah ke pondok pesantren yang lain di seluruh Indonesia yang belum terjamah pangakreditasian dan dilakukan secara berangsur-angsur. Dalam hal akreditasi lembaga pondok pesantren salafiyyah, negara dalam hal ini Kemenag sifatnya memfasilitasi dan mendukung bagi pesantren yang siap untuk dilakukan akreditasi, akan dilakukan konsolidasi dan koordinasi dengan BAN yang melakukan akreditasi lembaga pendidikan kesetaraan pondok pesantren. Dengan begitu lembaga dapat melaksanakan ujian nasional maupun ujian sekolah/madrasah secara mandiri dan terjaga kualitas dengan adanya penjaminan mutu melewati cara akreditasi oleh BAN.

Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga yang telah divisitasi pada hari Jumat 1 November 2019 Terkait dengan akreditasi Pondok Pesantren Salafiyyah yang sambut langsung oleh Ketua Yayasan Dr. M. Ali Rusdi Bedong, S.Th.I., M.H.I. dan pengasuh pondok pesantren al-Risalah Batetangnga Ust. Mudir, S.Pd.I. serta seluruh dewan guru beserta santri pondok pesantren al-Risalah Batetangnga. Berselang beberapa minggu hasil akreditasi telah keluar malalui Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor: 184 Tahun 2019, Tentang Penetapan Status Akreditasi Satuan Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat Tahap II Tahun 2019. Pondok Pesantren al-Risalah Batetangnga terkareditasi A, ini merupkan capaian yang luar biasa bagi pondok pesantren yang baru berusia 4 tahun.

Pengasuh Pondok Pesantren saat dihubungi menyatakan bahwa ini patut kita syukuri mengingat akreditasi yang telah dicapai ini merupakan hasil yang sangat memuaskan bagi kami, semoga ini sebagai pemacu dalam berkarya dan terus meningkatkan kualitas dari Pondok Pesantren al-Risalah Batetangnga.

Dalam SK tersebut tercantum ada 4 Pondok Pesantren Salafiyyah yang diakreditasi yaitu: 1. PPS Abdullah Ibnu Abbas Pondok Pesantren Kab. Mamuju Tengah = C 2. PPS Al-Risalah Batetangnga Pondok Pesantren Kab. Polewali Mandar = A 3. PPS Darut-Tahdzib Pondok Pesantren Kab. Majene = B 4. PPS Salafiyah Parappe Pondok Pesantren Kab. Polewali Mandar = A

Komentar | 0 | Kembali

Form Komentar Batal