Pelaksanaan Semester Berbasis IT Di Berbagai Madrasah Aliyah Program Keagamaan Berjalan Kondusif T
Rabu, 27-02-2019 Berita alirusdi Dibaca : 182 Kali | Kembali

Binuang (Inmas Kemenag) Ka. Kankemenag Polman Drs. H. Muliadi, M. Pd. didampingi Ka. Seksi Pendidikan Madrasah Dra. Hj. Ruaedah, M. Pd. I. pada Kamis, 06/12/2018 (kemarin) Pantau pelaksanaan semester ganjil tingkat Aliyah dan Tsanawiyah di beberapa madrasah seperti  Ponpes Al-Ihsan DDI Kanang dan Ponpes Ar-Risalah Batetangnga Kecamatan Binuang.

Yang berbeda di dua Ponpes tersebut khususnya di Ponpes Ar-Risalah yang seluruh santrinya tetap mengenakan sarung sebagai pakaian resmi mengikuti proses belajar dan setiap harinya bergelut dengan kitab kuning namun tidak membuat para santri di dua Ponpes ini gatek akan teknologi IT. Hal ini terlihat saat Ka. Kankemenag Polman didampingi Ka. Seksi Pendmad bersama tim menyambangi dan memantau pelaksanaan Semester Ganjil berbasis Komputer di Ponpes Al-Ihsan DDI Kanang dan Ponpes Ar-Risalah Batetangnga.

Olehnya itu, Ka. Kankemenag Polman mengapresiasi penuh pelaksanaan semester berbasis IT di dua Ponpes tersebut. Dengan metode ini santri diajari dan mengenal IT lebih dekat khususnya dalam memanfaatkan IT sebagai media pembelajaran. Computer Assisted Test yang menggunakan media Laptop dan Android ini juga menjadi media alternatif terbaik saat ini dalam menyaring dan melakukan seleksi CPNS.

Dengan mengetahui sistem ini para santri lebih siap menghadapi tantangan dunia IT dan kompetisi di masa depan walaupun para santri ini setiap harinya bergelut dengan kitab-kitab kuning dan berbagai sajian materi (Agama Islam) lainnya, namun statement bahwa dunia pesantren gatek teknologi terbantahnkan dengan fakta yang disaksikan hari ini, imbuh Ka. Kankemenag diiringi decak kagum dari beliau.

Sehari sebelumnya tepatnya pada 05/12/2018 Ka. Kankemenag Polman didampingi Ka. Seksi Pend. Madrasah juga memantau pelaksanaan Semester Ganjil di MAN 2 Polman (Matakali) dan   MAN 1 Polman (Lampa) di Madrasah Aliyah Negeri ini pelaksanaan Semester berjalan sangat kondusif, aman dan tertib. Ka. Kankemenag berharap berharap kiranya pelaksanaan semester di Madrasah-madrasah lainnya juga bisa demikian hingga hari akhir pelaksanaan semester ganjil tahun 2018 ini.

Dalam kesempatan itu, Tim Peduli Dhuafa dari Bank Syari’ah Mandiri (BSM) juga ikut serta dalam rombongan saat Ka. Kankemenag Polman didampingi Ka. Seksi Pend. Madrasah melakukan kunjungan ke madrasah-madrasah (Pondok Pesantren). Tim Peduli dari BSM ini menyasar Insan Kementerian Agama baik yang berstatus PNS maupun honorer yang memiliki dedikasi dan pengabdian yang tinggi  kepada masyarakat khususnya dalam mengembang tugas dan amanah selaku tenaga pengajar (guru) dalam mencerdaskan generasi bangsa. Tentunya ada kriteria khusus dari Tim Peduli BSM terkait penilaian Program Umrah BSM agar bisa masuk dalam nominasi dan daftar sebagai calon yang berhak mendapatkan undian gratis Program Umrah dari BSM. Program ini menurut Tim BSM telah lama diprogramkan oleh Bank Syari’ah Mandiri sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

Apa yang dilakukan oleh BSM kali ini juga disambut baik dan  mendapat apresiasi dari Ka. Kankemenag Polman serta Ka. Seksi Pendidikan Madrasah. Semoga niat baik dari BSM kepada masyarakat khususnya kepada ASN atau Insan di Lingkungan Kantor Kementerian Agama senantiasa mendapatkan kemaslahatan dan  keberkahan dari Allah SWT, ungkapnya. (Ahmad F.)

Komentar | 0 | Kembali

Form Komentar Batal